| REGISTER | Please Login to Access Member Area LOGIN | MEMBER AREA | LOGOUT |  

KAMUS BERINVESTASI

 
AFILIASI
  • Hubungan keluarga karena perkawinan dan keturunan sampai derajat kedua, baik secara horizontal maupun vertikal;

  • Hubungan antara satu pihak dengan pegawai, Direktur, atau Komisaris dari pihak tersebut;

  • Hubungan antara 2 (dua) perusahaan dimana terdapat satu atau lebih anggota Direksi atau Komisaris yang sama;

  • Hubungan antara perusahaan dengan suatu pihak, baik langsung maupun tidak langsung, mengendalikan atau dikendalikan oleh perusahaan tersebut;

  • Hubungan antara 2 (dua) perusahaan yang dikendalikan baik langsung maupun tidak langsung oleh pihak yang sama; atau

  • Hubungan antara perusahaan dan pemegang saham utama.

 

AAA
Peringkat tertinggi atas terbitnya suatu surat utang atau obligasi. AAA mempunyai kemampuan superior dalam memenuhi kewajiban atas surat utang tersebut.

 

AGEN PENJUAL
Institusi yang ditunjuk sebagai agen untuk menjual saham/obligasi/Reksa Dana dan sudah mengantongi ijin dari pihak berwenang seperti BAPEPAM dan BI untuk Bank.

 

ALOKASI ASET (Asset Allocation)
Strategi investasi yang mengalokasikan total portofolio investasi ke dalam beberapa kelompok investasi, seperti saham, obligasi, instrumen pasar uang, Reksa Dana, dengan tujuan untuk mengurangi (meminimal) resiko investasi.

 

AVERAGE-COST METHOD
Strategi dalam perdagangan saham dimana dilakukan perlakuan harga rata-rata atas pembelian saham pada harga yang berbeda.

 

ASSET BACKED SECURITIES (Efek Beragun Aset)
Unit Penyertaan (UP) Kontrak Investasi Kolektif yang portofolionya terdiri dari asset keuangan berupa tagihan yang timbul dari misalkan tagihan kartu kredit, sewa guna usaha, kredit kepemilikan rumah atau apartemen, dll.

 

ALPHA
Selisih antara hasil investasi actual dengan hasil investasi yang diharapkan atau dari tolak ukurnya (benchmark), untuk level resiko pasar (beta) tertentu. Positif Alpha menggambarkan kinerja suatu portofolio investasi lebih baik dari perkiraan sebelumnya (benchmark). Sementara negative alpha menunjukkan bahwa kinerja portofolio investasi kurang baik dari tolak ukurnya.

 

BANK KUSTODIAN

Bank Umum yang memberikan jasa penitipan Efek (termasuk Penitipan Kolektifatas Efek yang dimiliki bersama oleh lebih dari satu Pihak yang kepentingannya diwakili oleh Kustodian) dan harta lain yang berkaitan dengan Efek serta jasa lain, termasuk menerima dividen, bunga, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi Efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

 

BAPEPAM & LK

 

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan.

 

BUKTI KEPEMILIKAN UNIT PENYERTAAN

Surat Konfirmasi Transaksi Unit Penyertaan

 

BUNGA

Imbal hasil yang diperoleh dari alokasi investasi kedalam deposito / giro ataupun surat hutang

 

BURSA EFEK


Pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan system dan atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek Pihak-Pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek di antara mereka.

 

CAPITAL GAIN

Peningkatan nilai suatu asset yang diperoleh dari selisih nilai penjualan dan pembelian Peningkatan nilai tersebut tidak terealisasi sebelum asset tersebut terjual.

 

DEPOSITO

Simpanan pihak ketiga pada bank, yang menurut perjanjian pihak penyimpanan dengan bank penarikannya hanya dapat dilakukan sesudah jangka waktu tertentu dengan pembayaran bunga yang sudah ditentukan.

 

EFEK

Surat Berharga. Sesuai dengan Peraturan BAPEPAM & LK No.IV.B.1, Lampiran Keputusan Ketua BAPEPAM & LK No. KEP-427/BL/2007 tanggal 19 Desember 2007. Keputusan Ketua BAPEPAM & LK No,Kep-176/BL/2008 tanggal 14 Mei 2008 tentang Pedoman Pengelolaan Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif, Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif hanya dapat melakukan pembelian dan penjualan atas :

  • Efek yang telah dijual dalam Penawaran Umum dan atau diperdagangkan di Bursa Efek baik di dalam maupun di luar negeri;

  • Efek bersifat utang seperti surat berharga komersial (commercial paper) dan Efek Beragun Aset yang sudah mendapat peringkat dari perusahaan pemeringkat Efek, SuratUtang Negara, dan atau Efek bersifat utang yang diterbitkan oleh lembaga internasional dimana Pemerintah Indonesia menjadi salah satu anggotanya;

  • Instrumen pasar uang dalam negeri yang mempunyai jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun, meliputi Sertifikat Bank Indonesia, Surat Berharga Pasar Uang, Surat Pengakuan Utang, dan Sertifikat Deposito, baik dalam rupiah maupun dalam mata uang asing; dan atau

  • Surat berharga komersial dalam negeri yang jatuh temponya di bawah 3 (tiga) tahun dan telah diperingkat oleh perusahaan pemeringkat Efek.

 

EFEKTIF

Terpenuhinya seluruh tata cara dan persyaratan Pernyataan Pendaftaran Dalam Rangka Penawaran Umum Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang ditetapkan dalam Undang-Undang Pasar Modal dan Peraturan BAPEPAM & LK Nomor : IX.C.5 Lampiran Keputusan Ketua BAPEPAM & LK Nomor : Kep-430/BL/2007 tanggal 19 Desember 2007, Tentang Pernyataan Pendaftaran Dalam Rangka Penawaran Umum Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif ("Peraturan BAPEPAM & LK No. IX.C.5"). Surat pernyataan efektif Pernyataan Pendaftaran Dalam Rangka Penawaran Umum Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif akan dikeluarkan oleh BAPEPAM & LK.

 

EKUITAS

Surat berharga sebagai bukti bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Masyarakat / Reksa Dana dapat turut memiliki bagian dari suatu perusahaan yang sudah go-public dengan membeli saham melalui Penawaran Umum Perdana atau pada secondary market di lantai bursa. Pemegang saham mengharapkan keuntungan berupa capital gain jika harga jual saham lebih tinggi dari harga pada waktu dibeli serta dividen yang dibagikan oleh perusahaan.

 

FORMULIR PEMBUKAAN REKENING

Formulir asli yang harus diisi dan ditandatangani oleh calon pembeli sebelum membeli Unit Penyertaan Reksa Dana untuk pertama kalinya.

 

FORMULIR PEMESANAN PEMBELIAN UNIT PENYERTAAN (Susbcription Form)

Formulir asli yang dipakai oleh calon pembeli untuk membeli Unit Penyertaan yang diisi, ditandatangani dan diajukan oleh calon pembeli kepada Manajer Investasi atau melalui Agen Penjual Efek Reksa Dana yang ditunjuk oleh Manajer Investasi.

 

FORMULIR PENJUALAN KEMBALI UNIT PENYERTAAN (Redemption Form)

Formulir Penjualan Kembali Unit Penyertaan adalah formulir asli yang dipakai oleh Pemegang Unit Penyertaan untuk menjual kembali Unit Penyertaan yang dimilikinya yang diisi, ditandatangani dan diajukan oleh Pemegang Unit Penyertaan kepada Manajer Investasi atau melalui Agen Penjual Efek Reksa Dana yang ditunjuk oleh Manajer Investasi.

 

FORMULIR PENGALIHAN INVESTASI (Switching Form)

Formulir Pengalihan Investasi adalah formulir asli yang dipakai oleh Pemegang Unit Penyertaan untuk mengalihkan investasi yang dimilikinya ke Reksa Dana lain yang dikelola oleh Manajer Investasi kecuali Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Terproteksi, yang diisi, ditandatangani dan diajukan oleh Pemegang Unit Penyertaan kepada Manajer Investasi atau Agen Penjual Efek Reksa Dana yang ditunjuk oleh Manajer Investasi.

 

FORMULIR PROFIL CALON PEMEGANG UNIT PENYERTAAN

Formulir Profil Calon Pemegang Unit Penyertaan adalah formulir yang disyaratkan untuk diisi oleh calon pemegang Unit Penyertaan sebagaimana diharuskan oleh Peraturan BAPEPAM No. IV.D.2 yang merupakan Lampiran Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor : Kep-20/PM/2004 tanggal 29 April 2004 tentang Profil Calon Pemodal Reksa Dana, yang berisikan data dan informasi mengenai profil risiko calon pemegang Unit Penyertaan Reksa Dana sebelum melakukan pembelian Unit Penyertaan Reksa Dana yang pertama kali di Manajer Investasi atau Agen Penjual Efek Reksa Dana yang ditunjuk oleh Manajer Investasi.

 

HARI BURSA

Hari diselenggarakannya perdagangan Efek di Bursa Efek, yaitu Senin sampai dengan Jumat, kecuali hari tersebut merupakan hari libur nasional atau dinyatakan sebagai hari libur oleh Bursa Efek.

 

HARI KERJA

Hari Senin sampai dengan Jumat dimana Bank Indonesia buka dan melakukan kliring, kecuali hari libur nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

 

INSTRUMEN

Merupakan produk-produk finansial yang ditransaksikan oleh Manajer Investasi dalam melakukan investasi, antara lain obligasi, saham, surat hutang,dan deposito.

 

INVESTASI

Pengalokasian atau pembelian aset keuangan dengan konsekuensi imbal hasil dan risiko tertentu.

 

KONTRAK INVESTASI KOLEKTIF (KIK)

Kontrak Investasi Kolektif adalah kontrak antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengikat Pemegang Unit Penyertaan, dimana Manajer Investasi diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan penitipan kolektif.

 

LAPORAN BULANAN KEPEMILIKAN UNIT PENYERTAAN

Laporan bulanan yang menunjukkan jumlah Unit Penyertaan yang dimiliki oleh Pemegang Unit Penyertaan dan berlaku sebagai bukti kepemilikan Reksa Dana. Laporan Bulanan Kepemilikan Unit Penyertaan akan dikirimkan oleh Bank Kustodian dalam waktu selambat-lambatnya 7 (tujuh) Hari Bursa setelah akhir bulan.

 

LIKUIDITAS

Kemampuan seseorang atau perusahaan untuk memenuhi kewajiban atau hutang yang harus segera dibayar dengan harta lancarnya. Dalam Reksa Dana, Manajer Investasi mengatur likuiditas untuk memenuhi kewajiban Unit Penyertaan kepada Pemodal.

 

MANAJER INVESTASI

Pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola Portofolio Investasi Kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan. Manajer Investasi dapat beroperasi setelah mendapatkan ijin dari Bapepam & LK. Dalam hal Reksa Dana, Manajer Investasi bertanggung jawab mengelola portofolio investasi untuk sekelompok nasabah yang membeli Unit Penyertaan dengan berpedoman pada Kebijakan Investasi sesuai penjelasan dalam prospektus.

 

METODE PENGHITUNGAN NAB

Metode untuk menghitung NAB sesuai dengan Peraturan Nomor IV.C.2 Lampiran Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor Kep-24/PM/2004 tanggal 19 Agustus 2004 tentang Nilai Pasar Wajar Dari Efek Dalam Portofolio Reksa Dana. ("Peraturan BAPEPAM No. IV.C.2").

 

NILAI AKTIVA BERSIH (NAB) PORTOFOLIO

Nilai pasar yang wajar dari suatu Efek dan kekayaan lain dari Reksa Dana dikurangi seluruh kewajibannya. Metode Penghitungan NAB Reksa Dana harus dilakukan sesuai dengan Peraturan perundang-undangan yang berlaku, kebijakan dan persetujuan BAPEPAM & LK. NAB merupakan nilai portofolio yang sesuai harga pasar dan masing-masing efek dalam portofolio setelah dikurangi kewajiban dengan biaya-biaya yang ditanggung Reksa Dana, antara lain Imbalan Jasa Manajer Investasi dan Bank Kustadian, biaya transaksi, biaya pajak, dll. NAB menentukan nilai atau harga setiap Unit Penyertaan setelah membaginya dengan jumlah Unit Penyertaan yang beredar. Pemodal membeli atau menjual Unit Penyertaan yang dimilikinya sesuai harga NAB/ Unit Penyertaan pada hari yang bersangkutan. Nilai NAB/ Unit Penyertaan berubah-ubah setiap hari dan dapat dimonitor melalui koran, misalnya Bisnis Indonesia dan Harian Neraca. Naik turunnya NAB/ Unit Penyertaan ini menjadi indikator untung / ruginya Pemodal.

 

NAB PER UNIT

Total NAB dibagi dengan jumlah Unit Penyertaan yang dimiliki oleh seluruh pemegang Unit Penyertaan. NAB per Unit dipublikasikan setiap Hari Bursa melalui surat kabar yang memiliki skala peredaran nasional.

 

OBLIGASI

Surat hutang yang dikeluarkan melalui Penawaran Umum oleh perusahaan atau pemerintah dengan jangka waktu lebih dari satu tahun dengan memberikan pendapatan berupa kupon bunga tertentu serta pembayaran nilai nominal (paket pinjaman) pada saat jatuh tempo. Surat obligasi ini dapat juga diperjualbelikan di antara nilai nominalnya, yang umumnya tergantung dari tingkat suku bunga deposito yang berlaku.

 

PEMEGANG UNIT PENYERTAAN

Pihak-pihak yang memiliki Unit Penyertaan Reksa Dana.

 

PEMODAL

Institusi atau perorangan secara sendiri-sendiri yang akan membeli Unit Penyertaan Reksa Dana.

 

PERNYATAAN PENDAFTARAN

Dokumen yang wajib disampaikan oleh Manajer Investasi kepada BAPEPAM & LK dalam rangka Penawaran Umum Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang ditetapkan dalam Undang-Undang Pasar Modal dan Peraturan BAPEPAM & LK Nomor IX.C.5.

 

PORTOFOLIO

Kumpulan sekuritas finansial yang dimiliki oleh Pemodal. Biasanya seorang Pemodal ingin menyimpan beberapa sekuritas finansial yang berbeda (diversifikasi) untuk membagi risiko dan berusaha untuk mengkombinasikan sekuritas-sekuritas tersebut. Dalam hal Reksa Dana, Manajer Investasi membentuk portofolio investasi sesusai kebijakan investasi yang telah dijelaskan dalam prospektus.

 

PORTOFOLIO EFEK

Portofolio Efek adalah kumpulan Efek yang merupakan kekayaan Reksa Dana.

 

PROSPEKTUS

Setiap pernyataan yang dicetak atau informasi tertulis yang digunakan untuk Penawaran Umum Reksa Dana dengan tujuan pemodal membeli Unit Penyertaan Reksa Dana, kecuali pernyataan atau informasi yang berdasarkan peraturan BAPEPAM & LK yang dinyatakan bukan sebagai Prospektus.

 

REKSA DANA

Wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

 

SAHAM

Bukti kepemilikan suatu perseroan yang merupakan klaim atas penghasilan dan aktiva perseroan.

 

SBI

Suatu berharga yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. SBI dapat dianggap sebagai investor bebas risiko karena dijamin oleh Bank Indonesia. SBI juga digunakan oleh Bank Indonesia sebagai instrumen untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar. Contohnya, kenaikan suku bunga SBI akan menimbulkan pengetatan jumlah uang yang beredar dan penurunan suku bunga SBI akan menimbulkan dampak sebaliknya, yaitu pelonggaran jumlah uang yang beredar.

 

SURAT KONFIRMASI KEPEMILIKAN UNIT PENYERTAAN

Surat konfirmasi yang menunjukkan jumlah Unit Penyertaan yang dimiliki oleh Pemegang Unit Penyertaan Reksa Dana. Surat Konfirmasi Kepemilikan akan dikirimkan oleh Bank Kustodian paling lambat 7 (tujuh) Hari Bursa setelah pembelian atau penjualan kembali Unit Penyertaan Reksa Dana.

 

UNDANG-UNDANG PASAR MODAL

Undang-undang Republik Indonesia No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal.

 

UNIT PENYERTAAN

Satuan ukuran yang menunjukkan bagian kepentingan setiap Pihak dalam portofolio investasi kolektif.

 

Indopremier IPOT IPOT NEWS IPOT FORUM IPOT SYARIAH IPOT ATM